Budaya modern merupakan tantangan yang perlu dihadapi dengan kehati-hatian oleh para orang tua dan guru dalam mendidik anak dan anak didik mereka. Hal ini tidak lain karena budaya ini dapat membuat manusia menjadi materialis dan individualis. Upaya "spritualisasi pendidikan" adalah salah satu langkah yang mungkin dapat ditempuh. Dengan menginternalisasikan nilai-nilai atau spirit agama melalui …
Buku ini mengulas tentang: 1. Model pembelajaran dan pengajaran ( Model John Caroll, Proctor, Cruckshank, Gage dan Berliner, dan Model Huitt) 2. Model Trasaksional dalam proses pengajaran (mengenal istilah WYMIWYG) 3. Gaya pembelajaran Eksperensial, 4. David Kolb dan model pembelajaran eksperensial, 5. Orientasi sosial terhadap pembelajaran, 6. Model pembelajaran dalam pengajaran bahasa, …
Buku ini mengulas tentang: 1. Model pembelajaran dan pengajaran ( Model John Caroll, Proctor, Cruckshank, Gage dan Berliner, dan Model Huitt) 2. Model Trasaksional dalam proses pengajaran (mengenal istilah WYMIWYG) 3. Gaya pembelajaran Eksperensial, 4. David Kolb dan model pembelajaran eksperensial, 5. Orientasi sosial terhadap pembelajaran, 6. Model pembelajaran dalam pengajaran bahasa, …
Keterampilan berpikir tingkat tinggi (bahasa Inggris: Higher order thinking skill, disingkat HOTS) adalah kemampuan berpikir yang menerapkan pengolahan dalam kegiatan mengingat, menyatakan kembali, atau merujuk sesuatu hal. Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk kemampuan untuk menyelesaikan masalah, keterampilan berpikir kritis dan berdaya cipta, dan kemampuan berargumen serta kemampuan me…
Membicarakan kualitas pembelajaran tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan tentang kualitas kinerja guru, karena guru merupakan garda terdepan yang bertanggungjawab terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Guru memiliki peran yang sangat strategis dan bertanggungjawab dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik akan membuahkan hasil belajar yang baik pula. Hasil b…
Proses belajar mengajar (pembelajaran) adalah upaya secara sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemampuan mengelola pembelajaran merupakan syarat mutlak bagi guru agar terwujud kompetensi profesionalnya. Konsekuensinya, guru harus memiliki pemahaman yang utuh dan tepat te…