Text
HOTS, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi
Keterampilan berpikir tingkat tinggi (bahasa Inggris: Higher order thinking skill, disingkat HOTS) adalah kemampuan berpikir yang menerapkan pengolahan dalam kegiatan mengingat, menyatakan kembali, atau merujuk sesuatu hal. Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk kemampuan untuk menyelesaikan masalah, keterampilan berpikir kritis dan berdaya cipta, dan kemampuan berargumen serta kemampuan mengambil keputusan terhadap sesuatu hal. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang spesifik pada suatu kondisi belajar, paradigma kecerdasan sebagai suatu sistem, pergeseran pandangan ke arah multidimensi dan interaktif, serta keterampilan berpikir yang lebih spesifik.
Pendidikan adalah keindahan jantung kehidupan manusia. Seni yang harus tetap menunjukkan satu kata, yaitu indah, tapi dihadirkan melalui banyak media dan cara. Kurikulum pendidikan sudah sepantasnya berubah menyesuaikan zamannya. Sejak Benjamin Samuel Bloom mengklasifikasikan tujuan pendidikan, seni mendidik pun ikut berubah. Berbagai wajah kurikulum ikut menyertai perubahan tersebut. Termasuk penyempurnaan oleh Anderson dan Krathwohl yang mengarahkan seni mendidik pada cara berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Kurikulum 2013 (dan pasti kedepannya) ikut andil dalam membuat warna baru pendidikan. Semakin disadari bahwa pendekatan saintifik dan HOTS menjadi salah satu inti dalam kurikulum. Meskipun demikian, masih sering terjadi kegamangan dan miskonsepsi dalam mengembangkan HOTS. HOTS bukanlah alat, strategi atau model mengajar. HOTS bukanlah sebuah bentuk soal. Tapi HOTS adalah cara berpikir adaptif. Maka jika seorang pendidik mampu membiasakan HOTS kepada peserta didiknya, niscaya ketidakpastian situasi pendidikan ini akan mudah diatasi. Buku HOTS edisi revisi ini hadir untuk menjawab kegundahan tentang ragam soal model AKM. Di sisi lain, buku ini untuk menegaskan kembali bahwa AKM adalah HOTS itu sendiri. AKM hanyalah salah satu manifestasi dari HOTS.
Tidak tersedia versi lain