PERPUSTAKAAN SMECHATWOLASMA

Kami Datang - Kami Membaca - Kami Berkarya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HOTS, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi
Penanda Bagikan

Text

HOTS, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi

R. Arifin Nugroho - Nama Orang;

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (bahasa Inggris: Higher order thinking skill, disingkat HOTS) adalah kemampuan berpikir yang menerapkan pengolahan dalam kegiatan mengingat, menyatakan kembali, atau merujuk sesuatu hal. Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk kemampuan untuk menyelesaikan masalah, keterampilan berpikir kritis dan berdaya cipta, dan kemampuan berargumen serta kemampuan mengambil keputusan terhadap sesuatu hal. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang spesifik pada suatu kondisi belajar, paradigma kecerdasan sebagai suatu sistem, pergeseran pandangan ke arah multidimensi dan interaktif, serta keterampilan berpikir yang lebih spesifik.
Pendidikan adalah keindahan jantung kehidupan manusia. Seni yang harus tetap menunjukkan satu kata, yaitu indah, tapi dihadirkan melalui banyak media dan cara. Kurikulum pendidikan sudah sepantasnya berubah menyesuaikan zamannya. Sejak Benjamin Samuel Bloom mengklasifikasikan tujuan pendidikan, seni mendidik pun ikut berubah. Berbagai wajah kurikulum ikut menyertai perubahan tersebut. Termasuk penyempurnaan oleh Anderson dan Krathwohl yang mengarahkan seni mendidik pada cara berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Kurikulum 2013 (dan pasti kedepannya) ikut andil dalam membuat warna baru pendidikan. Semakin disadari bahwa pendekatan saintifik dan HOTS menjadi salah satu inti dalam kurikulum. Meskipun demikian, masih sering terjadi kegamangan dan miskonsepsi dalam mengembangkan HOTS. HOTS bukanlah alat, strategi atau model mengajar. HOTS bukanlah sebuah bentuk soal. Tapi HOTS adalah cara berpikir adaptif. Maka jika seorang pendidik mampu membiasakan HOTS kepada peserta didiknya, niscaya ketidakpastian situasi pendidikan ini akan mudah diatasi. Buku HOTS edisi revisi ini hadir untuk menjawab kegundahan tentang ragam soal model AKM. Di sisi lain, buku ini untuk menegaskan kembali bahwa AKM adalah HOTS itu sendiri. AKM hanyalah salah satu manifestasi dari HOTS.


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan) 371.3 Nug h
C.37196
Tersedia
#
My Library (Pendidikan) 371.3 Nug h
C.37197
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
HOTS, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi
No. Panggil
371.3 Nug h
Penerbit
Jakarta : Grasindo., 2019
Deskripsi Fisik
xii + 160 hlm,; 15 x 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-050-020-1
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Pertama
Subjek
Pendidikan
Pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN SMECHATWOLASMA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat informai dan literasi yang edukatif, informatif dan rekreatif untuk mendukung pendidikan vokasi yang berwawasan lingkungan dan berkebhinekaan global.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?