Text
Kepala Sekolah, Guru Dan Pembelajarannya
Membicarakan kualitas pembelajaran tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan tentang kualitas kinerja guru, karena guru merupakan garda terdepan yang bertanggungjawab terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Guru memiliki peran yang sangat strategis dan bertanggungjawab dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik akan membuahkan hasil belajar yang baik pula. Hasil belajar yang baik memberikan kontribusi positif terhadap kualitas sekolah dan pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan secara nasional. Buku ini menguraikan secara tuntas bahwa upaya peningkatan kualitas pendidikan harus diawali dari pengembangan kinerja guru. Kinerja guru merupakan ungkapan kemampuan mengajar yang didasari oleh pengetahuan, sikap, keterampilan, dan motivasi dalam membuahkan hasil belajar. Mengembangkan kinerja guru tidak cukup dengan hanya memberikan sejumlah pengetahuan dan keterampilan tentang teknik-teknik mengajar dan materi ajar, tetapi juga harus memperhatikan fator-faktor yang mempengaruhinya. Buku ini juga membahas faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, yaitu faktor individu, faktor organisasi, dan faktor psikologis. Atau meminjam bahasa Kartini Kartono (1985: 22), mengelompokkan faktor-faktor tersebut ke dalam faktor internal dan faktor eksternal. Termasuk ke dalam faktor internal adalah kepuasan kerja dan motivasi berprestasi, sedangkan faktor eksternal adalah kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah.
Tidak tersedia versi lain